- “OPERASIONALISASI LAYANAN ORIENTASI PADA DELAPAN BIDANG PENGEMBANGAN BK”
Nama : SYAWALUDDIN AHMAD HARAHAP
Dosen Pembimbing : AHMAD SYARQAWI,M.Pd
Dosen Pembimbing : AHMAD SYARQAWI,M.Pd
UNIVERSITAS ISLAM
NEGERI SUMATERA UTARA
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
TAHUN 2015
1.
Pengertian
Layanan Orientasi
Layanan orientasi adalah layanan
bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memahami
lingkungan (seperti sekolah) yang baru dimasuki peserta didik, untuk
mempermudah dan memperlancar berperannya peserta didik di lingkungan yang baru
itu.denagn mengenalkan objeknya secara langsung.
2.
Isi
Layanan Orientasi
Isi layanan orientasi adalah
berbagai hal berkenaan dengan suasana, lingkungan, dan objek-objek yang baru
bagi individu. Hal-hal tersebut melingkupi bidang-bidang :
a.
Bidang Pengembangan
pribadi,
b.
Bidang Pengembangan
hubungan sosial,
c.
Bidang Pengembangan
kegiatan belajar,
d.
Bidang Pengembangan
karier,
e.
Bidang Pengembangan
kehidupan berkeluarga,
f.
Bidang Pengembangan
kehidupan beragama.
g.
Bidang Pengembangan berkewarganegaraan
h.
Bidang Pekerjaan dan karier.
Layanan ORIN dapat cukup kompleks, lebih-lebih kalau
objek atau paketnya cukup besar. Dalam hal ini, baik objek atau paket yang
menjadi isi layanan itu besar ataupun kecil, layanan ORIN harus direncankan,
dipersiapkan, dan diselenggarakan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil
optimal.
1. Perencanan
a. Menetapakn
obyek orientasi yang akan menjadi isi layanan
b. Menetapakan
peserta layanan
c. Menetapakn
jenis kegiatan, termasuk di dalam format kegiatan
d. Menyeiapkan
fasilitas,termasuk di dalamnya penyaji, nara sumber, media
e. Menyiapakan
kelengkapan administarsi
2. Pelaksanaan
a. Mengorganisasikan
kegiatan layanan
b. Meyelenggarakan
pendekatan dan teknik, termasuk di dalamnya implementasi format danpenggunaan
media
3. Evaluasi
a. Menetapakan
materi evaluasi
b. Menetapakan
prosedur evaluasi
c. Menyusun
instrumen evaluasi
d. Mengaplikasikan
instrumen evaluasi
e. Mengolah
hasil aplikasi instrumen
4. Analisis
Hasil Evaluasi
a. Menetapakan
sarana/standar analisis
b. Melakukan
analisis
c. Menafsirkan
hasil analisis
5. Tindak
lanjut
a. Menetapkan
jenis dan arah tindak lanjut
b. Mengkominikasisk
rencana tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait
c. Melaksanakan
rencana tindak lanjut
6. Laporan
a. Menyusun
laporan Layanan ORIN
b. Menyampaikan
laporan kepada pihak-pihak terkait
c. Mendokumentasikan
laporan layanan.
Operasionslisasi
layanan orientasi
A. Perencanaan
Ø Mengidentifikasi
kebutuhan akan informasi bagi subjek ( calon) peserta layanan
Ø Menetapkan
meteri informasi sebagai isi layanan
Ø Menetapkan
subyek sasaran layanan
Ø Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
Ø Mentiapkan
kelengkapan administasi
B. Pelaksanaan
Ø Mengorganisasikan
kegiatan layanan
Ø Mengaktifkan
peserta layanan
Ø Mengoptimalkan
penggunaan metode dan media
C. Evaluasi
Ø Menetapkan
materi evaluasi
Ø Menetapkan
prosedur evaluasi
Ø Menyusun
instrumentasi evaluasi
Ø Mengaplikasikan
instrumen evaluasi
Ø Mengolah
hasil aplikasi instrumentasi
D. Analisis
hasil evaluasi
Ø Menetapkan
norma/standar analisis
Ø Melakukan
analisis
Ø Menafsirkan
hasil analisis
E. Tindak
lanjut
Ø Menetapkan
jenis dan arah tindak lanjut
Ø Mengkomunikasikan
rencana pada pihak terkait
Ø Melaksanakan
rencana tindak lanjut
F. Laporan
Ø Menyusun laporan layanan informasi
Ø Menyampaikan
laporan kepada pihak terkait
Ø Mendokumentasikan
laporan layanan.
1.
Operasionalisasi
Layanan Orientasi
Bidang Pengembangan Pribadi
Bidang penegmbangan
pribadi merupakan bimbingan pelayanan yang membantu peserta didik dalam
memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat minat,
sertakondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dirinya.
A. Perencanaan.
a. Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b. Menetapkan
meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
A. Judul/spesifikasi
layanan : Anak berbakat
B. Bidang
bimbingan :
pribadi
C. Jenis
layanan : orientasi
D. Fungsi
layanan :
pemahaman
E. Tujuan
layanan : Siswa memahami kemampuan yang ia miliki
F. Hasil
yang diharapkan ;Siswa mempunyai bakat dan kemampuan dalam dirinya
G. Sasaran
layanan : XII
H. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk mengembangkat bakat
o Siswa
diminta menceritakkan keterampilan yang
ia miliki
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung ketempat
perkumpulan orang yang berbakat atau orang-orang yang ikut olimpiade/pembuat
mobil
o Guru
pembimbing menunjukkan poster
tentang anak anak yang mempunyai keterampilan/bakat se usianya
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat anak-anak berbakat atau
anak anak peserta olimpiade anak pembuat keterampilan
o Metode : membawa langsung pada
kumpulan anak berbakak ceramah, tanya jawab, demonsterasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan :
Poster dan salah satu anak yang berbakat
o Rencana
penilaian : laiseg.laijapen,
laijapang
o Biaya : 150.0000(untuk pengadaan poster/dan upah anak yang di ajak
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat
proses layanan ada siswa yang sudah mempunyai bakat yang unik
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala
SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
B. Pelaksanaan
Layanan
ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam
dilakukan dengan cara , seperti: membawa
anak pada kumpulan anak berbakat ceramah, tanya jawab,
demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah
seorang anak yang punya bakat unik
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
C. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari
40 siswa sepakat untuk membuat suatu keterampilan
Ø Laijapen:
terhadap 2 siswa membuktikan keterampilan dan bakat yang ia
miliki yang diadakan 1 minggu kemudian.
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
D. Tindak
lanjut: bila ada keterampilan siswa yang luar biasa diberi
penghargaan.
E. Lapelprog
2.
Operasionalisasi
Layanan Orientasi
Bidang Pengembangan Sosial
Bimbingan sosial
merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi dan memecahkan masalah
pribadi-sosial seperti, penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan.
A.
Perencanaan.
a. Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b. Menetapkan
meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
A. Judul/spesifikasi
layanan : pengenalan sahabat
B. Bidang
bimbingan :
pribadi
C. Jenis
layanan :
orientasi
D. Fungsi
layanan :
pemahaman
E. Tujuan
layanan : Siswa memahami hubungan diantara sahabatnya
F. Hasil
yang diharapkan ;Siswa
mempunyai kepandaian dalam bergaul dan memilih kawan.
G. Sasaran
layanan :
X
H. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara memilih kawan dan mempunyai banyak teman
o Siswa
diminta menceritakkan berapa orang
sahabat yang ia miliki pas waktu masuk sekolah kelas X
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung anak-anak yang
memiliki sahabat yang banyak dan baik
o Guru
pembimbing menunjukkan poster
tentang sekumpulan anak yang memiliki sahabat yang banyak
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat anak-anak yang memiliki
sahabat yang banyak atau yang pandai mencari kawan pas waktu masuk sekolah
o Metode : membawa langsung pada
kumpulan anak-anak yang memiliki sahabat yang banyak atau yang
pandai mencari kawan pas waktu masuk sekolah ceramah,
tanya jawab, demonsterasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan : Poster dan salah satu anak yang banyak kawan
o Rencana
penilaian :
laiseg.laijapen, laijapang
o Biaya : 15.0000(untuk pengadaan poster/seorang anak yang punya banyak kawan
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat
proses layanan ada siswa yang tidak mempunyai kawan sama sekali
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala
SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
A. Pelaksanaan
o Layanan ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam
dilakukan dengan cara , seperti: membawa
anak pada kumpulan anak-anak yang memiliki sahabat yang banyak atau yang pandai
mencari kawan pas waktu masuk sekolah ceramah, tanya
jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang banyak kawan
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
B. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg.seorang anak menunjukkan seorang anak yang banyak kawan .
Dari 40
siswa sepakat untuk mencari kawan
sebanyak-banyaknya
Ø Laijapen:
terhadap 2 siswa membuktikan berapa banyak kawan yang ia miliki
yang diadakan 1 minggu kemudian.
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
C. Tindak
lanjut: bila ada yang punya kawan diberi penghargaan/hadiah
D.
Lapelprog.
3.
Operasionalisasi
Layanan Orientasi
Bidang Pengembangan Kegiatan Belajar
Bidang ini terfocus pada bagaimana individu
melakukan kegiatan belajar. Hal ini sengat penting bagi siswa-siswi yang sedang
menjalani program pendidikan tertentu dengan tujuan diperolehnya hasil belajar
yang optimal dan dicapainya tujun pendidikan dalam kategori sukses
A. Perencanaan.
a. Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b. Menetapkan
meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
A. Judul/spesifikasi
layanan : rajin belajar
B. Bidang
bimbingan :
pribadi
C. Jenis
layanan : orientasi
D. Fungsi
layanan :
pemahaman
E. Tujuan
layanan : Siswa memahami pentingnya belajar
F. Hasil
yang diharapkan ;Siswa mempunyai kemauan yang besar untuk rajin belajar
G. Sasaran
layanan : X
H. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk belajar yang mudah
o Siswa
diminta menceritakkan berapa kali ia
belajar dalam satu hari di rumah
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung ketempat perkumpulan
orang yang sedang melaksanakan olimpiade atau kumpulan anaka-anak yang sedang
melakukan les private
o Guru
pembimbing menunjukkan poster
tentang anak anak yang sukses karena belajar seusianya
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat orang yang sedang
melaksanakan olimpiade atau kumpulan anaka-anak yang sedang melakukan les
private
o Metode : membawa langsung pada
kumpulan melakukan les private ceramah,
tanya jawab, demonsterasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan : Poster dan salah satu anak yang sering ikut olimpiade
o Rencana
penilaian :
laiseg.laijapen, laijapang
o Biaya : 30.000 untuk pembuatan poster dan mengajak anak yang bisa
banyak bahasa seusianya
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat
proses layanan ada siswa yang rajin belajar sehingga sering ikut
olimpiade
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala
SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
F. Pelaksanaan
Layanan
ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam
dilakukan dengan cara , seperti: membawa
anak pada kumpulanyang sering olimpiade atu sedang melakukan les private ceramah,
tanya jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang sering ikut olimpiade
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
G. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari
40 siswa sepakat untuk membuat suatu kelompok belajar
Ø Laijapen:
terhadap 2 siswa membuktikan untuk ikut olimpiade yang diadakan 1 minggu kemudian.
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
H. Tindak
lanjut: bila ada prestasi menarik diberi penghargaan dan hadiah
I. Lapelprog
4.
Operasionalisasi
Layanan Orientasi Bidang
Pengembangan Karir
Bidang pengembangan ini khusus, terfokus pada
pengenalan, pemilihan, persiapan, dan akhirnya sukses karir. Dengan pemahaman
bahwa semua orang harus bekerja, maka bidang pengembangan karir ini menjadi
sangat urgen dan perlu diselenggarakan sedini mungkin.
A. Perencanaan.
a. Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b. Menetapkan
meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
A. Judul/spesifikasi
layanan : membuat usaha sendiri
B. Bidang
bimbingan :
pribadi
C. Jenis
layanan : orientasi
D. Fungsi
layanan :
pemahaman
E. Tujuan
layanan : Siswa memahami pentingnya belajar berkarir dan membuat
penghasilan sendiri
F. Hasil
yang diharapkan ;Siswa mempunyai kemauan yang besar untuk belajar berkarir atau
mempunyai penghasilan sendiri
G. Sasaran
layanan : XII
H. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk membuka dan membuat usaha
o Siswa
diminta menceritakkan bagaimana enaknya
jika mempunyai penghasilan sendiri
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung ketempat
perkumpulan orang-orang yang sudah berkarir/berpenghasilan di usia muda dan membawanya kesuatu
perusahaan.
o Guru
pembimbing menunjukkan poster
tentang anak anak yang sukses dalam berkarir di usia muda
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat orang yang sudah
berkarir/ber penghasilan di usia muda
dan membawanya kesuatu perusahaan.
o Metode : membawa langsung pada
kumpulan anak-anka yang sudah mempunyai usaha dan berpenghasilan
sendiri,ceramah, tanya jawab, demonsterasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan : Poster dan salah satu anak yang mempunyai penghasilan
besar
o Rencana
penilaian :
laiseg.laijapen, laijapang
o Biaya : 100.000 untuk pembuatan poster dan mengajak anak yang
berkakri di usia mudanaya
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat
proses layanan ada siswa sudah bekerja sejak kelas X
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala
SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
B. Pelaksanaan
Layanan
ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam
dilakukan dengan cara , seperti: membawa
anak pada yang sudah berpenghasilan sendiri ceramah,
tanya jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang sudah mempunyai karir di usia
mudanya.
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
C. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari
40 siswa sepakat untuk membuat suatu pekerjaan yang menghasilkan
Ø Laijapen:
terhadap 2 siswa membuktikan untuk masuk di suatu perusahaan yang
diadakan 1
minggu kemudian.
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
D. Tindak
lanjut: bila ada anak yang sebelum tamat SMA sederajat sudah
mempunyai peenghasilan sendiri di beri penghargaan dan hadiah
E. Lapelprog
5. Operasionalisasi Layanan Orientasi Bidang Pelayanan Kehidupan
Berkeluarga
Bidang ini terfokus secara khusus
dengan persiapan dan keberlansungan kehidupan perkawinan beserta segenap
kontektualnya. Peristiwa pernikahan yang selanjutnya berkembang menjadi
kehidupan berkeluarga dalam arti luar menjadi bagian utama kehidupan manusia
dewasa umumnya.
A. Perencanaan.
a. Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b. Menetapkan
meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
A. Judul/spesifikasi
layanan : patuh pada orangtua
B. Bidang
bimbingan :
pribadi
C. Jenis
layanan :
orientasi
D. Fungsi
layanan :
pemahaman
E. Tujuan
layanan :
siswa patuh terhadap suruhan orangtua
F. Hasil
yang diharapkan ;Siswa
mempunyai rasa kecintaan terhadap orangtuanya,tidak pernah
melanggarnya selama itu masih suruh yang baik
G. Sasaran
layanan :
kelas X
H. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu bagaimana dosa seseorang yang melawan orang tua,dan
bagaimana sakitnya tidak mempunyai orang tua
o Siswa
diminta menceritakkan bagaimana sakitnya
tidak memiliki orang tua
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung ketempat panti
asuhan atau rumah anak yatim
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat panti asuhan atau rumah
anak yatim
o Metode : membawa langsung pada panti asuhan atau rumah anak yatim,ceramah,
tanya jawab, demonstrasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan :.............
o Rencana
penilaian :
laiseg.laijapen, laijapang
o Biaya :
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat
proses layanan ada siswa yang dari panti asuhan
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
a. Pelaksanaan
Layanan
ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam
dilakukan dengan
cara , seperti: membawa anak ke
panti asuhan atau rumah anak yatim, tanya jawab,
demonstrasi.
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
b. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg. . Dari
40 siswa sepakat untuk membuat suatu kesepakatan tidak pernah bolos
Ø Laijapen. Seorang anak membukukan bahwa dalam satu semester dia
tidak pernah absen karena takut sama orang tuanya jika dia tidak hadir
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
c. Tindak
lanjut: bila ada anak yang sering bolos karena tidak patuh
terhadap orang tuanya segera dibawa ke ruangan bimbingan konseling
d. Lapelprog.
6.
Operasionalisasi Layanan
Orientasi
Bidang Pelayanan Kehidupan Beragama
Kehiduan beragama tidak hanya sekedar menampilkan nuansa spiritual dan/
atau ritual keagamaan dalam kehidupan, melainkan sepenuhnya mendasari aktivitas
individu dalam semua bidang, bahkan sampai menjangkau kehidupan di akhirat.
Dalam hal ini sering dipertanyakan, bagaimana posisi kehidupan beragama dalam
pelayanan konseling untuk anak-anak pada tahap perkembangan usia dini dan
pendidikan dasar dan menengah. Untuk itu perlu diketahui bahwa tanggung jawab
atas arah dan aktifitas keagamaan anak pada taraf perkembangan itu berada
ditangan, bahkan menjadi hak, orang tua mereka. Setelah anak menjadi dewasalah
kehidupan beragama menjadi hak dan tanggung jawab individu dewasa.
B. Perencanaan.
a. Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b. Menetapkan
meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
A. Judul/spesifikasi
layanan : Sholat
B. Bidang
bimbingan :
pribadi
C. Jenis
layanan :
orientasi
D. Fungsi
layanan :
pemahaman dan pencegahan
E. Tujuan
layanan : siswa selalu sholat 5 waktu
F. Hasil
yang diharapkan ;Siswa
mempunyai rasa tidak enak sebelum sholat di kerjakan
G. Sasaran
layanan : seluruh siswa kelas X
H. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu bagaimana sholat iti dalam ajaran agama,dan dosa bagi
orang meninggalkan sholat
o Siswa
diminta menceritakkan bagaimana melihat
orang yang rajin sholat seusianya
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung anak anak pada
mesjid setiap ada sholat berjamaah/sekolah sekolah agama
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat anak anak pada mesjid
setiap ada sholat berjamaah/ sekolah sekolah agama
o Metode : membawa langsung sekolah sekolah agama,ceramah,
tanya jawab, demonstrasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan :.............
o Rencana
penilaian :
laiseg.laijapen, laijapang
o Biaya :
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat
proses layanan ada siswa yang tidak pernah sholat
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala
SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
A. Pelaksanaan
Layanan
ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam
dilakukan dengan
cara , seperti: membawa anak
sekolah sekolah agama/mesjid setiap ada orang sholat berjamaah,
tanya jawab, demonstrasi.
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
B. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg. Dari 40 siswa sepakat untuk selalu sholat di sekolah
Ø Laijapen:
terhadap 2 tidak pernah tinggal sholatnya
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
C. Tindak
lanjut: bila ada anak yang tidak pandai sholat segera di bawa ke guru
Pai
D. Lapelprog.
7.
Operasionalisasi
Layanan Informasi Bidang Pelayanan Kehidupan Kewarganegaraan
Individu dewasa memiliki kewajiban,
hak dan tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Aturan
nilai, moral dan perundangan menjadi hidup bersama bagi terpenuhinya kewajiban,
hal dan tanggung jawab yang dimaksudkan itu dalam kehidupan kewarganegaraan
individu.
a.
Macam-macam suku bangsa
b.
Adat istiadat dan
kebiasaan-kebiasaan
c.
Agama dan kepercayaan
d.
Potensi daerah
e.
Hak dan kewajiban warga Negara
A.
Perencanaan.
a.
Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.
Menetapkan meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
I. Judul/spesifikasi
layanan : cinta lingkungan
J. Bidang
bimbingan :
pribadi
K. Jenis
layanan :
orientasi
L. Fungsi
layanan :
pemahaman
M. Tujuan
layanan :
siswa patuh terhadap suruhan orangtua
N. Hasil
yang diharapkan ;Siswa
mempunyai rasa kecintaan terhadap lingkungan sekitar
O. Sasaran
layanan :
kelas XI
P. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu bagaimana cara-cara merawat lingkungan
o Siswa
diminta menceritakkan
bagaimanalingkungan yang asri
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung ketempat angkatan
darat ( TNI ),kebun raya
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat angkatan darat ( TNI
),kebun raya
o Metode: angkatan darat ( TNI ),kebun raya,ceramah,
tanya jawab, demonstrasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan :.............
o Rencana
penilaian :
laiseg.laijapen, laijapang
o Biaya :
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat proses bimbingan ada salah satu siswa yang buang
samah sembarangan
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala
SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
e. Pelaksanaan
o Layanan ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam
dilakukan dengan
cara , seperti: angkatan darat ( TNI ),kebun raya,
tanya jawab, demonstrasi.
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
f. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg. . Dari 40 siswa sepakat untuk merawat lingkungan dengan baik
Ø Laijapen. Melihat kondisi ruangan kelas siswa
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
g. Tindak
lanjut: ruangan terbersih di beri hadiah
h. Lapelprog.
8.
Operasionalisasi
Layanan Informasi Didang Pengembangan Pekerjaan Dan Karir
Bekerja juga merupakan bagian utama
manusia dewasa. Apabila usia pendidikan dasar dan menengah individu mendapat
kesempatan untuk memperoleh pelayanan pengenalan, persiapan dan pemilihan
karir, maka pada usia dewasapun pelayanan bidang karir tetap tersedia, dengan
fokus sukses bekerja. Melalui kondisi sukses bekerja individu dewasa akan
sejahtera dan bahagia.
A. Perencanaan.
a. Mengidentifikasi
kebutuhan akan layanan
orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b. Menetapkan
meteri orientasi layanan
c. Menetapkan
subjek sasaran layanan
d. Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
e. Mentiapkan
kelengkapan administasi
Contoh:
I. Judul/spesifikasi
layanan : jualan
J. Bidang
bimbingan :
pribadi
K. Jenis
layanan : orientasi
L. Fungsi
layanan :
pemahaman
M. Tujuan
layanan : Siswa memahami pentingnya berkarir di usia muda
N. Hasil
yang diharapkan ;Siswa mempunyai kemauan yang besar untuk cinta terhadap pekerjaan
dan belajar berkarir
O. Sasaran
layanan : XII
P. Uraian
kegiatan dan materi layanan
·
Pendahuluan
o Guru
pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk jualan yang laris
o Siswa
diminta menceritakkan bagaimana cara
berjualan
·
Kegiatan inti
o Guru
pembimbing membawa lansung ketempat toko-toko
besar
o Guru
pembimbing menunjukkan poster
tentang anak anak sukses dengan usahanya sendiri
·
Penutup
o Membawa siswa langsung ketempat lansung ketempat
toko-toko besar
o Metode : membawa langsung lansung ketempat toko-toko besar,ceramah,
tanya jawab, demonsterasi
o Tempat
penyelenggaraan layanan
:...........................
o Waktu/tanggal :..........................
o Semester
/ tahun :..........................
o Penyelenggaraan
layana :..........................
o Pihak-pihak
yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing :..........................
o Alat
dan perlengkapan yang digunakan : Poster dan salah satu anak yang mempunyai penghasilan
besar
o Rencana
penilaian :
laiseg.laijapen, laijapang
o Biaya : 100.000 untuk pembuatan poster dan mengajak anak yang
berkakri di usia mudanaya
o Tindak
lanjut :
o Keterkaitan
layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o Catatan
khusus
Saat
proses layanan ada siswa sudah bekerja sejak kelas XII
Mengetahui: Guru
pembimbing
Kepala
SMA N 1 TAMBANGAN
Syuib Wahyudi,M.Pd Syawaluddin Ahmad Hrp,
S.pd
F. Pelaksanaan
Layanan
ORIN dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan
dengan cara , seperti: lansung
ketempat toko-toko besar ceramah, tanya jawab,
demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah
seorang anak yang sudah mempunyai karir di usia mudanya.
ü Struktur
organisasi :..................
ü Penanggung
jawab : kepala sekolah
ü Pembimbing : Guru BK, dan narasumber/seorang anak
ü Peserta
: peserta layanan
ü Jadwal
kegiatan :.....................
ü Waktu
dan tempat :....................
G. Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau
evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi,
evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga
baik.
Ø Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari
40 siswa sepakat untuk membuat suatu pekerjaan yang menghasilkan
Ø Laijapen:
terhadap 2 siswa membuktikan untuk masuk di suatu perusahaan yang
diadakan 1
minggu kemudian.
Ø Laijapang:
diadakan pengamatan terhadap siswa.
H. Tindak
lanjut: bila ada anak yang sebelum tamat SMA sederajat sudah
mempunyai penghasilan sendiri di beri penghargaan dan hadiah.
I. Lapelprog
Laporan pelaksanaan operasionalisasi layanan orientasi (LAPERPROG)
Sekolah :
Tahun :
Kelas :
Guru Bk/ konselor :
NO
|
TANGGAL KEGIATAN
|
JAM
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
LAYANAN
|
MATERI
KEGIATAN
|
SASARAN
PENDUKUNG
|
EVALUASI
|
|
|
|
|
|
|
|
HASIL
|
PROSES
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
kepala sekolah Guru
Bk
Syuib
Wahyudi,M.Pd Syawaluddin
Ahmad Hrp, S.pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar