Minggu, 12 Juni 2016

OPERASIONALISASI LAYANAN ORIENTASI

  • “OPERASIONALISASI LAYANAN ORIENTASI PADA DELAPAN BIDANG  PENGEMBANGAN BK”

 














Description: IMG_20150211_170616Nama                                : SYAWALUDDIN AHMAD HARAHAP
Dosen Pembimbing   : AHMAD SYARQAWI,M.Pd






UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
TAHUN 2015
1.      Pengertian Layanan Orientasi
Layanan orientasi adalah layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memahami lingkungan (seperti sekolah) yang baru dimasuki peserta didik, untuk mempermudah dan memperlancar berperannya peserta didik di lingkungan yang baru itu.denagn mengenalkan objeknya secara langsung.
2.      Isi Layanan Orientasi
Isi layanan orientasi adalah berbagai hal berkenaan dengan suasana, lingkungan, dan objek-objek yang baru bagi individu. Hal-hal tersebut melingkupi bidang-bidang :
a.       Bidang Pengembangan pribadi,
b.      Bidang Pengembangan hubungan sosial,
c.       Bidang Pengembangan kegiatan belajar,
d.      Bidang Pengembangan karier,
e.       Bidang Pengembangan kehidupan berkeluarga,
f.       Bidang Pengembangan kehidupan beragama.
g.      Bidang Pengembangan berkewarganegaraan
h.      Bidang Pekerjaan dan karier.
Layanan ORIN dapat cukup kompleks, lebih-lebih kalau objek atau paketnya cukup besar. Dalam hal ini, baik objek atau paket yang menjadi isi layanan itu besar ataupun kecil, layanan ORIN harus direncankan, dipersiapkan, dan diselenggarakan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil optimal.
1.      Perencanan
a.       Menetapakn obyek orientasi yang akan menjadi isi layanan
b.      Menetapakan peserta layanan
c.       Menetapakn jenis kegiatan, termasuk di dalam format kegiatan
d.      Menyeiapkan fasilitas,termasuk di dalamnya penyaji, nara sumber, media
e.       Menyiapakan kelengkapan administarsi
2.      Pelaksanaan
a.       Mengorganisasikan kegiatan layanan
b.      Meyelenggarakan pendekatan dan teknik, termasuk di dalamnya implementasi format danpenggunaan media
3.      Evaluasi
a.       Menetapakan materi evaluasi
b.      Menetapakan prosedur evaluasi
c.       Menyusun instrumen evaluasi
d.      Mengaplikasikan instrumen evaluasi
e.       Mengolah hasil aplikasi instrumen
4.      Analisis Hasil Evaluasi
a.       Menetapakan sarana/standar analisis
b.      Melakukan analisis
c.       Menafsirkan hasil analisis
5.      Tindak lanjut
a.       Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
b.      Mengkominikasisk rencana tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait
c.       Melaksanakan rencana tindak lanjut
6.      Laporan
a.       Menyusun laporan Layanan ORIN
b.      Menyampaikan laporan kepada pihak-pihak terkait
c.       Mendokumentasikan laporan layanan.
Operasionslisasi layanan orientasi
A.    Perencanaan
Ø  Mengidentifikasi kebutuhan akan informasi bagi subjek ( calon) peserta layanan
Ø  Menetapkan meteri informasi sebagai isi layanan
Ø  Menetapkan subyek sasaran layanan
Ø  Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
Ø  Mentiapkan kelengkapan administasi

B.     Pelaksanaan
Ø  Mengorganisasikan kegiatan layanan
Ø  Mengaktifkan peserta layanan
Ø  Mengoptimalkan penggunaan metode dan media
C.     Evaluasi
Ø  Menetapkan materi evaluasi
Ø  Menetapkan prosedur evaluasi
Ø  Menyusun instrumentasi evaluasi
Ø  Mengaplikasikan instrumen evaluasi
Ø  Mengolah hasil aplikasi instrumentasi
D.    Analisis hasil evaluasi
Ø  Menetapkan norma/standar analisis
Ø  Melakukan analisis
Ø  Menafsirkan hasil analisis
E.     Tindak lanjut
Ø  Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
Ø  Mengkomunikasikan rencana pada pihak terkait
Ø  Melaksanakan rencana tindak lanjut
F.      Laporan
Ø  Menyusun  laporan layanan informasi
Ø  Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
Ø  Mendokumentasikan laporan layanan.

1.      Operasionalisasi Layanan Orientasi Bidang Pengembangan Pribadi
Bidang penegmbangan pribadi merupakan bimbingan pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat minat, sertakondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dirinya.
A.    Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
A.    Judul/spesifikasi layanan               : Anak berbakat
B.     Bidang bimbingan                         : pribadi
C.     Jenis layanan                                 : orientasi
D.    Fungsi layanan                              : pemahaman
E.     Tujuan layanan                              : Siswa memahami kemampuan yang ia miliki
F.      Hasil yang diharapkan                  ;Siswa mempunyai bakat dan kemampuan dalam dirinya
G.    Sasaran layanan                             : XII
H.    Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk mengembangkat bakat
o   Siswa diminta menceritakkan keterampilan yang ia miliki
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung ketempat perkumpulan orang yang berbakat atau orang-orang yang ikut olimpiade/pembuat mobil
o   Guru pembimbing menunjukkan poster tentang anak anak yang mempunyai keterampilan/bakat se usianya
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat anak-anak berbakat atau anak anak peserta olimpiade anak pembuat keterampilan
o   Metode                        : membawa langsung pada kumpulan anak berbakak ceramah, tanya jawab, demonsterasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan                   :...........................
o   Waktu/tanggal                                                 :..........................
o   Semester / tahun                                              :..........................
o   Penyelenggaraan layana                                  :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         : Poster dan salah satu anak yang berbakat
o   Rencana penilaian       : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           : 150.0000(untuk pengadaan poster/dan upah anak yang di ajak
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses layanan ada siswa yang sudah mempunyai bakat yang unik

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd
B.     Pelaksanaan
Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: membawa anak pada kumpulan anak berbakat ceramah, tanya jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang punya bakat unik
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
C.     Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari 40 siswa sepakat untuk membuat suatu keterampilan
Ø  Laijapen: terhadap 2 siswa membuktikan keterampilan dan bakat yang ia miliki yang  diadakan 1 minggu kemudian.
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
D.    Tindak lanjut: bila ada keterampilan siswa yang luar biasa diberi penghargaan.
E.     Lapelprog

2.      Operasionalisasi Layanan Orientasi Bidang Pengembangan Sosial
Bimbingan sosial merupakan usaha bimbingan, dalam menghadapi dan memecahkan masalah pribadi-sosial seperti, penyesuaian diri, menghadapi konflik dan pergaulan.
 A. Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
A.    Judul/spesifikasi layanan                     : pengenalan sahabat
B.     Bidang bimbingan                               : pribadi
C.     Jenis layanan                                       : orientasi
D.    Fungsi layanan                                    : pemahaman
E.     Tujuan layanan                                    : Siswa memahami hubungan diantara sahabatnya
F.      Hasil yang diharapkan                        ;Siswa mempunyai kepandaian dalam bergaul dan memilih kawan.
G.    Sasaran layanan                                   : X
H.    Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara memilih kawan dan mempunyai banyak teman
o   Siswa diminta menceritakkan berapa orang sahabat yang ia miliki pas waktu masuk sekolah kelas X
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung anak-anak yang memiliki sahabat yang banyak dan baik
o   Guru pembimbing menunjukkan poster tentang sekumpulan anak yang memiliki sahabat yang banyak
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat anak-anak yang memiliki sahabat yang banyak atau yang pandai mencari kawan pas waktu masuk sekolah
o   Metode                        : membawa langsung pada kumpulan anak-anak yang memiliki sahabat yang banyak atau yang pandai mencari kawan pas waktu masuk sekolah ceramah, tanya jawab, demonsterasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan :...........................
o   Waktu/tanggal                         :..........................
o   Semester / tahun                                  :..........................
o   Penyelenggaraan layana                      :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         : Poster dan salah satu anak yang banyak kawan
o   Rencana penilaian                   : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           : 15.0000(untuk pengadaan poster/seorang anak yang punya banyak kawan
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses layanan ada siswa yang tidak mempunyai kawan sama sekali

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd
A.    Pelaksanaan
o   Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: membawa anak pada kumpulan anak-anak yang memiliki sahabat yang banyak atau yang pandai mencari kawan pas waktu masuk sekolah ceramah, tanya jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang banyak kawan
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
B.     Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg.seorang anak menunjukkan seorang anak yang banyak kawan . Dari 40 siswa sepakat untuk mencari kawan sebanyak-banyaknya
Ø  Laijapen: terhadap 2 siswa membuktikan berapa banyak kawan yang ia miliki yang  diadakan 1 minggu kemudian.
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
C.     Tindak lanjut: bila ada yang punya kawan diberi penghargaan/hadiah
D.    Lapelprog.

3.      Operasionalisasi Layanan Orientasi Bidang Pengembangan Kegiatan Belajar
Bidang ini terfocus pada bagaimana individu melakukan kegiatan belajar. Hal ini sengat penting bagi siswa-siswi yang sedang menjalani program pendidikan tertentu dengan tujuan diperolehnya hasil belajar yang optimal dan dicapainya tujun pendidikan dalam kategori sukses
A.    Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
A.    Judul/spesifikasi layanan               : rajin belajar
B.     Bidang bimbingan                         : pribadi
C.     Jenis layanan                                 : orientasi
D.    Fungsi layanan                              : pemahaman
E.     Tujuan layanan                              : Siswa memahami pentingnya belajar
F.      Hasil yang diharapkan                  ;Siswa mempunyai kemauan yang besar untuk rajin belajar
G.    Sasaran layanan                             : X
H.    Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk belajar yang mudah
o   Siswa diminta menceritakkan berapa kali ia belajar dalam satu hari di rumah
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung ketempat perkumpulan orang yang sedang melaksanakan olimpiade atau kumpulan anaka-anak yang sedang melakukan les private
o   Guru pembimbing menunjukkan poster tentang anak anak yang sukses karena belajar seusianya
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat orang yang sedang melaksanakan olimpiade atau kumpulan anaka-anak yang sedang melakukan les private
o   Metode                        : membawa langsung pada kumpulan melakukan les private ceramah, tanya jawab, demonsterasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan :...........................
o   Waktu/tanggal                         :..........................
o   Semester / tahun                                  :..........................
o   Penyelenggaraan layana                      :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         : Poster dan salah satu anak yang sering  ikut olimpiade
o   Rencana penilaian                   : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           : 30.000 untuk pembuatan poster dan mengajak anak yang bisa banyak bahasa seusianya
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses layanan ada siswa yang rajin belajar sehingga sering ikut olimpiade

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd
F.      Pelaksanaan
Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: membawa anak pada kumpulanyang sering olimpiade atu sedang melakukan les private ceramah, tanya jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang sering ikut olimpiade
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
G.    Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari 40 siswa sepakat untuk membuat suatu kelompok belajar
Ø  Laijapen: terhadap 2 siswa membuktikan untuk ikut olimpiade yang  diadakan 1 minggu kemudian.
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
H.    Tindak lanjut: bila ada prestasi menarik  diberi penghargaan dan hadiah
I.       Lapelprog
4.      Operasionalisasi Layanan Orientasi Bidang Pengembangan Karir

Bidang pengembangan ini khusus, terfokus pada pengenalan, pemilihan, persiapan, dan akhirnya sukses karir. Dengan pemahaman bahwa semua orang harus bekerja, maka bidang pengembangan karir ini menjadi sangat urgen dan perlu diselenggarakan sedini mungkin.
A.    Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
A.    Judul/spesifikasi layanan               : membuat usaha sendiri
B.     Bidang bimbingan                         : pribadi
C.     Jenis layanan                                 : orientasi
D.    Fungsi layanan                              : pemahaman
E.     Tujuan layanan                              : Siswa memahami pentingnya belajar berkarir dan membuat penghasilan sendiri
F.      Hasil yang diharapkan                  ;Siswa mempunyai kemauan yang besar untuk belajar berkarir atau mempunyai penghasilan sendiri
G.    Sasaran layanan                             : XII
H.    Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk membuka dan membuat usaha
o   Siswa diminta menceritakkan bagaimana enaknya jika mempunyai penghasilan sendiri
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung ketempat perkumpulan orang-orang yang sudah berkarir/berpenghasilan  di usia muda dan membawanya kesuatu perusahaan.
o   Guru pembimbing menunjukkan poster tentang anak anak yang sukses dalam berkarir di usia muda
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat orang yang sudah berkarir/ber penghasilan  di usia muda dan membawanya kesuatu perusahaan.
o   Metode                        : membawa langsung pada kumpulan anak-anka yang sudah mempunyai usaha dan berpenghasilan sendiri,ceramah, tanya jawab, demonsterasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan :...........................
o   Waktu/tanggal                         :..........................
o   Semester / tahun                                  :..........................
o   Penyelenggaraan layana                      :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         : Poster dan salah satu anak yang mempunyai penghasilan besar
o   Rencana penilaian                   : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           : 100.000 untuk pembuatan poster dan mengajak anak yang berkakri di usia mudanaya
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses layanan ada siswa sudah bekerja sejak kelas X

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd
B.     Pelaksanaan
Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: membawa anak pada yang sudah berpenghasilan sendiri ceramah, tanya jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang sudah mempunyai karir di usia mudanya.
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
C.     Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari 40 siswa sepakat untuk membuat suatu pekerjaan yang menghasilkan
Ø  Laijapen: terhadap 2 siswa membuktikan untuk masuk di suatu perusahaan yang  diadakan 1 minggu kemudian.
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
D.    Tindak lanjut: bila ada anak yang sebelum tamat SMA sederajat sudah mempunyai peenghasilan sendiri di beri penghargaan dan hadiah
E.     Lapelprog

5.      Operasionalisasi Layanan Orientasi Bidang Pelayanan Kehidupan Berkeluarga
Bidang ini terfokus secara khusus dengan persiapan dan keberlansungan kehidupan perkawinan beserta segenap kontektualnya. Peristiwa pernikahan yang selanjutnya berkembang menjadi kehidupan berkeluarga dalam arti luar menjadi bagian utama kehidupan manusia dewasa umumnya.
A.    Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
A.    Judul/spesifikasi layanan                     : patuh pada orangtua
B.     Bidang bimbingan                               : pribadi
C.     Jenis layanan                                       : orientasi
D.    Fungsi layanan                                    : pemahaman
E.     Tujuan layanan                                    : siswa patuh terhadap suruhan orangtua
F.      Hasil yang diharapkan                        ;Siswa mempunyai rasa kecintaan terhadap orangtuanya,tidak pernah melanggarnya selama itu masih suruh yang baik
G.    Sasaran layanan                                   : kelas X
H.    Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu bagaimana dosa seseorang yang melawan orang tua,dan bagaimana sakitnya tidak mempunyai orang tua
o   Siswa diminta menceritakkan bagaimana sakitnya tidak memiliki orang tua
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung ketempat panti asuhan atau rumah anak yatim
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat panti asuhan atau rumah anak yatim
o   Metode                        : membawa langsung pada panti asuhan atau rumah anak yatim,ceramah, tanya jawab, demonstrasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan :...........................
o   Waktu/tanggal                         :..........................
o   Semester / tahun                                  :..........................
o   Penyelenggaraan layana                      :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         :.............
o   Rencana penilaian                   : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           :
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses layanan ada siswa yang dari panti asuhan

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd

a.       Pelaksanaan
Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: membawa anak ke panti asuhan atau rumah anak yatim, tanya jawab, demonstrasi.
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
b.      Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg. . Dari 40 siswa sepakat untuk membuat suatu kesepakatan tidak pernah bolos
Ø  Laijapen. Seorang anak membukukan bahwa dalam satu semester dia tidak pernah absen karena takut sama orang tuanya jika dia tidak hadir
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
c.       Tindak lanjut: bila ada anak yang sering bolos karena tidak patuh terhadap orang tuanya segera dibawa ke ruangan bimbingan konseling
d.      Lapelprog.

6.      Operasionalisasi Layanan Orientasi  Bidang Pelayanan Kehidupan Beragama
Kehiduan beragama tidak hanya sekedar menampilkan nuansa spiritual dan/ atau ritual keagamaan dalam kehidupan, melainkan sepenuhnya mendasari aktivitas individu dalam semua bidang, bahkan sampai menjangkau kehidupan di akhirat. Dalam hal ini sering dipertanyakan, bagaimana posisi kehidupan beragama dalam pelayanan konseling untuk anak-anak pada tahap perkembangan usia dini dan pendidikan dasar dan menengah. Untuk itu perlu diketahui bahwa tanggung jawab atas arah dan aktifitas keagamaan anak pada taraf perkembangan itu berada  ditangan, bahkan menjadi hak, orang tua mereka. Setelah anak menjadi dewasalah kehidupan beragama menjadi hak dan tanggung jawab individu dewasa.

B.     Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
A.    Judul/spesifikasi layanan                : Sholat
B.     Bidang bimbingan                          : pribadi
C.     Jenis layanan                                               : orientasi
D.      Fungsi layanan                                : pemahaman dan pencegahan
E.     Tujuan layanan                                : siswa selalu sholat 5 waktu
F.      Hasil yang diharapkan                    ;Siswa mempunyai rasa tidak enak sebelum sholat di kerjakan
G.    Sasaran layanan                              : seluruh siswa kelas X
H.    Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu bagaimana sholat iti dalam ajaran agama,dan dosa bagi orang meninggalkan sholat
o   Siswa diminta menceritakkan bagaimana melihat orang yang rajin sholat seusianya
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung anak anak pada mesjid setiap ada sholat berjamaah/sekolah sekolah agama
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat anak anak pada mesjid setiap ada sholat berjamaah/ sekolah sekolah agama
o   Metode                        : membawa langsung sekolah sekolah agama,ceramah, tanya jawab, demonstrasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan :...........................
o   Waktu/tanggal                         :..........................
o   Semester / tahun                                  :..........................
o   Penyelenggaraan layana                      :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         :.............
o   Rencana penilaian                   : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           :
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses layanan ada siswa yang tidak pernah sholat

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd
A.    Pelaksanaan
Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: membawa anak sekolah sekolah agama/mesjid setiap ada orang sholat berjamaah, tanya jawab, demonstrasi.
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
B.     Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg. Dari 40 siswa sepakat untuk selalu sholat di sekolah
Ø  Laijapen: terhadap 2 tidak pernah tinggal sholatnya
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
C.     Tindak lanjut: bila ada anak yang tidak pandai sholat segera di bawa ke guru Pai
D.    Lapelprog.

7.      Operasionalisasi Layanan Informasi Bidang Pelayanan Kehidupan Kewarganegaraan
Individu dewasa memiliki kewajiban, hak dan tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Aturan nilai, moral dan perundangan menjadi hidup bersama bagi terpenuhinya kewajiban, hal dan tanggung jawab yang dimaksudkan itu dalam kehidupan kewarganegaraan individu.
a.       Macam-macam suku  bangsa
b.      Adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan
c.       Agama dan kepercayaan
d.      Potensi daerah
e.       Hak dan kewajiban warga Negara

A.    Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
I.       Judul/spesifikasi layanan                     : cinta lingkungan
J.       Bidang bimbingan                               : pribadi
K.    Jenis layanan                                       : orientasi
L.     Fungsi layanan                                    : pemahaman
M.   Tujuan layanan                                    : siswa patuh terhadap suruhan orangtua
N.    Hasil yang diharapkan                        ;Siswa mempunyai rasa kecintaan terhadap lingkungan sekitar
O.    Sasaran layanan                                   : kelas XI
P.      Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu bagaimana cara-cara merawat lingkungan
o   Siswa diminta menceritakkan bagaimanalingkungan yang asri
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung ketempat angkatan darat ( TNI ),kebun raya
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat angkatan darat ( TNI ),kebun raya
o   Metode: angkatan darat ( TNI ),kebun raya,ceramah, tanya jawab, demonstrasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan :...........................
o   Waktu/tanggal                         :..........................
o   Semester / tahun                                  :..........................
o   Penyelenggaraan layana                      :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         :.............
o   Rencana penilaian                   : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           :
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses bimbingan ada salah satu siswa yang buang samah sembarangan

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd
e.       Pelaksanaan
o   Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: angkatan darat ( TNI ),kebun raya, tanya jawab, demonstrasi.
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
f.       Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg. . Dari 40 siswa sepakat untuk merawat lingkungan dengan baik
Ø  Laijapen. Melihat kondisi ruangan kelas siswa
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
g.      Tindak lanjut: ruangan terbersih di beri hadiah
h.      Lapelprog.

8.      Operasionalisasi Layanan Informasi Didang Pengembangan Pekerjaan Dan Karir

Bekerja juga merupakan bagian utama manusia dewasa. Apabila usia pendidikan dasar dan menengah individu mendapat kesempatan untuk memperoleh pelayanan pengenalan, persiapan dan pemilihan karir, maka pada usia dewasapun pelayanan bidang karir tetap tersedia, dengan fokus sukses bekerja. Melalui kondisi sukses bekerja individu dewasa akan sejahtera dan bahagia.

A.    Perencanaan.
a.       Mengidentifikasi kebutuhan akan layanan orientasi/pengenalan bagi peserta layanan
b.      Menetapkan meteri orientasi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
e.       Mentiapkan kelengkapan administasi
Contoh:
I.       Judul/spesifikasi layanan               : jualan
J.       Bidang bimbingan                         : pribadi
K.    Jenis layanan                                 : orientasi
L.     Fungsi layanan                              : pemahaman
M.   Tujuan layanan                              : Siswa memahami pentingnya berkarir di usia muda
N.    Hasil yang diharapkan                  ;Siswa mempunyai kemauan yang besar untuk cinta terhadap pekerjaan dan belajar berkarir
O.    Sasaran layanan                             : XII
P.      Uraian kegiatan dan materi layanan
·         Pendahuluan
o   Guru pembimbing menyampaikan tema yang akan disampaikan, yaitu cara-cara untuk jualan yang laris
o   Siswa diminta menceritakkan bagaimana cara berjualan
·         Kegiatan inti
o   Guru pembimbing membawa lansung ketempat toko-toko besar
o   Guru pembimbing menunjukkan poster tentang anak anak sukses dengan usahanya sendiri
·         Penutup
o   Membawa siswa langsung ketempat lansung ketempat toko-toko besar
o   Metode                        : membawa langsung lansung ketempat toko-toko besar,ceramah, tanya jawab, demonsterasi
o   Tempat penyelenggaraan layanan :...........................
o   Waktu/tanggal                         :..........................
o   Semester / tahun                                  :..........................
o   Penyelenggaraan layana                      :..........................
o   Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peranan masing-masing                          :..........................
o   Alat dan perlengkapan yang digunakan         : Poster dan salah satu anak yang mempunyai penghasilan besar
o   Rencana penilaian                   : laiseg.laijapen, laijapang
o   Biaya                           : 100.000 untuk pembuatan poster dan mengajak anak yang berkakri di usia mudanaya
o   Tindak lanjut               :
o   Keterkaitan layanan ini dengan layanan kegiatan pendukung
o   Catatan khusus
Saat proses layanan ada siswa sudah bekerja sejak kelas XII

Mengetahui:                                                                                        Guru pembimbing
Kepala SMA N 1 TAMBANGAN                                                                                                                                                                                                    

Syuib Wahyudi,M.Pd                                                             Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd
F.      Pelaksanaan
Layanan ORIN  dalam bidang pengembangan pribadi dalam dilakukan dengan cara , seperti: lansung ketempat toko-toko besar ceramah, tanya jawab, demonstrasi. Selanjutnya dapat dilengkapi salah seorang anak yang sudah mempunyai karir di usia mudanya.
ü  Struktur organisasi      :..................
ü  Penanggung jawab      : kepala sekolah
ü  Pembimbing                : Guru BK,  dan narasumber/seorang anak
ü  Peserta                         : peserta layanan
ü  Jadwal kegiatan          :.....................
ü  Waktu dan tempat      :....................
G.    Evaluasi
Layanan evaluasi ini menyangkut evaluasi proses atau evaluasi dari pelaksanaan layanan orintasi, evaluasi proses menilai sejauh mana keterlaksanaan program itu berjalan denga baik.
Ø  Laiseg.seorang anak menunjukkan keterampilan yang ia miliki. Dari 40 siswa sepakat untuk membuat suatu pekerjaan yang menghasilkan
Ø  Laijapen: terhadap 2 siswa membuktikan untuk masuk di suatu perusahaan yang  diadakan 1 minggu kemudian.
Ø  Laijapang: diadakan pengamatan terhadap siswa.
H.    Tindak lanjut: bila ada anak yang sebelum tamat SMA sederajat sudah mempunyai penghasilan sendiri di beri penghargaan dan hadiah.
I.       Lapelprog

Laporan pelaksanaan operasionalisasi layanan orientasi (LAPERPROG)
Sekolah                                   :
Tahun                                      :
Kelas                                       :
Guru Bk/ konselor                   :


NO
TANGGAL KEGIATAN
JAM PEMBELAJARAN
KEGIATAN LAYANAN
MATERI KEGIATAN
SASARAN PENDUKUNG
EVALUASI






HASIL
PROSES
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10









            Mengetahui kepala sekolah                                                             Guru Bk

            Syuib Wahyudi,M.Pd                                                 Syawaluddin Ahmad Hrp, S.pd

                              






Tidak ada komentar:

Posting Komentar